6 Area Ini Wajib Dibersihkan Untuk Kenyamanan Hunian

Source: huffingtonpost.com
Source: huffingtonpost.com

Di sebuah hunian, baik rumah dan apartemen, haruslah dijaga kebersihannya demi kenyamanan penghuni yang tinggal di dalamnya. Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga karena dapat berpengaruh bagi kesehatan orang-orang yang tinggal di dalam rumah atau apartemen tersebut. Agar terhindar dari gangguan kesehatan, ada beberapa area di dalam hunian yang wajib dibersihkan setiap hari. 6 area tersebut masing-masing akan dijabarkan di penjelasan di bawah ini.

Area Rak dan Bak Cuci Piring

Di area ini, semua peralatan makan dibersihkan. Jika area ini tidak rutin dibersihkan setiap hari, akan ada banyak penumpukan bakteri yang akan menimbulkan masalah kesehatan penghuni rumah. Hal ini terjadi karena peralatan makan yang digunakan tidak bersih. Setelah kegiatan mencuci piring selesai, bersihkan bak tempat cuci piring dan kemudian bilas spons yang digunakan untuk mencuci piring agar tetap bersih dan tidak berjamur.

Wastafel Kamar Mandi

Area ini juga salah satu area terpenting, terlebih jika penghuni rumah meletakkan banyak peralatan mandi di dekat wastafel kamar mandi. Jika tidak rutin dibersihkan, akan ada banyak sisa sabun cuci tangan atau sisa pasta gigi yang menempel di dindin bak wastafel. Jika dibiarkan, akan menimbulkan bercak dan juga jamur. Jadi sempatkan membersihkan area ini minimal satu kali dalam sehari, baik di pagi atau di malam hari.

Meja Dapur

Di area ini, makanan bagi para penghuni rumah dimasak dan disiapkan setiap hari, jadi sangat penting untuk menjaga kebersihannya agar tidak ada masalah kesehatan yang muncul. Membersihkan tempat ini pun tidak sulit, hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mengelap permukaan meja dan sisa bahan makanan atau debu dapat dibersihkan dengan mudah. Akan lebih baik jika meja ini dibersihkan dengan cairan pembersih yang memiliki sertifikat food grade, agar lebih higienis.

Lantai Dapur

Bagian ini juga tidak boleh terlewatkan. Banyak kegiatan yang dilakukan di area dapur, mulai dari menyiapkan bahan makanan, memasak dan menghidangkan makanan. Jadi sangat wajar bila ada beberapa bahan makanan yang terjatuh di lantai. Untuk menjaga agar dapur tetap bersih, biasakan minimal menyapu lantai dapur setiap kali selesai memasak. Dan sempatkan untuk mengepel lantai dapur minimal satu kali sehari dengan cairan pembersih lantai.

Tempat Tidur

Area ini wajib dibersihkan karena tempat tidur merupakan area dimana penghuni rumah menghabiskan waktu untuk beristirahat. Sempatkan untuk merapikan tempat tidur segera setelah Anda terbangun. Selain itu ganti dan cuci sprei, sarung bantal dan guling secara rutin. Hal ini penting demi menjaga kesehatan diri.

Meja Samping Tempat Tidur

Mengapa tempat ini harus dibersihkan secara rutin? Karena area ini adalah area terdekat dengan tempat tidur. Jika banyak debu yang ada di meja ini, kemungkinan debu tersebut terhirup saat Anda tidur sangatlah besar. Hal ini dapat mengganggu kesehatan pernapasan. Agar hal ini tidak terjadi, sempatkan untuk membersihkan bagian atas meja secara teratur, minimal sekali dalam sehari.

BACA JUGA:
Pilihan Desain Interior Untuk Dapur Apartemen
Cara Mudah Ubah Listrik Apartemen Dari Pascabayar ke Prabayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *