Wujudkan Hunian Ramah Lingkungan Dengan Langkah Mudah Ini!

ecohouse

Dengan semakin maraknya isu pemanasan global dan krisis ekologi, konsep hunian ramah lingkungan kini banyak diminati. Memiliki rumah atau apartemen yang ramah lingkungan tidak harus diwujudkan dengan melakukan berbagai renovasi yang justru akan menguras dana dan menghabiskan banyak waktu.

Dengan beberapa langkah sederhana, Anda pun juga dapat mewujudkan hunian ramah lingkungan. Berikut beberapa cara agar Anda dapat memiliki hunian ramah lingkungan dengan mudah dan sederhana.

Ganti Bohlam Lampu

Mematikan lampu yang tidak digunakan sudah pasti menjadi salah satu langkah untuk menghemat listrik. Namun selain itu Anda juga dapat mengganti bohlam yang ada dengan lampu LED. Lampu LED memiliki ketahanan 25 kali lebih baik dari pada lampu biasa. Selain itu konsumsi listrik yang dibutuhkan juga lebih kecil dari pada lampu biasa yakni 75 persennya saja.

Ubah Produk Pembersih

Jika Anda biasa menggunakan bahan kimia untuk membersihkan rumah atau apartemen, maka kini saatnya beralih ke bahan-bahan yang lebih ramah dengan lingkungan. Anda dapat mencari produk pembersih dengan label eco-friendly. Namun agar lebih maksimal, Anda juga dapat beralih ke yang 100% alami dengan menggunakan bahan-bahan seperti baking soda, buah lemon, cuka dan sabun yang biasa.

Pilih Peralatan Hemat Energi

Saat ini terdapat berbagai macam peralatan rumah tangga yang beredar di pasaran. Menggunakan peralatan elektronik rumah tangga yang hemat energi juga merupakan langkah yang dapat membuat hunian Anda menjadi lebih ramah lingkungan. Meskipun produk elektronik rumah tangga biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal, namun di sisi lain juga dapat menghemat pengeluaran rutin jangka panjang di masa depan.

Segera Perbaiki Jika Ada Kebocoran Air dan Udara

Agar air tidak terbuang sia-sia, sangat penting untuk memastikan saluran air atau pipa-pipa air di hunian dalam kondisi yang baik. Pasalnya membiarkan pipa air bocor dalam waktu yang lama akan membuat air yang mengalir terbuang sia-sia. Jika Anda menggunakan pendingin udara, lakukan juga pengecekan pada lubang udara agar pendingin udara tidak bekerja ekstra untuk mendinginkan udara saat ada lubang udara yang bocor.

Alirkan Air Dengan Kecil

Untuk menghemat penggunaan air, Anda dapat mengalirkan aliran air lebih kecil dari biasanya, baik itu saat digunakan untuk mandi, memasak, atau mencuci. Kebiasaan sederhana ini dapat menghemat air hingga 2,5 galon per menitnya.

BACA JUGA:
Inspirasi Desain Rumah Tipe 48 Bergaya Minimalis
6 Barang Yang Biasa Luput Untuk Dibersihkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *