Trik dan Tips Memilih Hunian Dengan Lingkungan Terbaik

housing

Membeli sebuah hunian, baik rumah maupun apartemen adalah salah satu hal besar yang terjadi dalam hidup seseorang. Dalam mengambil keputusan salah satu hal terpenting dalam hidup ini, pemilihan lokasi dan lingkungan merupakan salah satu faktor penentu yang begitu krusial.

Tidak hanya menyangkut aspek finansial, dalam membeli hunian sangatlah penting untuk memilih lingkungan terbaik yang tepat untuk Anda dan juga keluarga. Untuk mengetahui apakah lingkungan dimana hunian yang akan Anda beli merupakan lingkungan yang tepat, simak beberapa tips penting berikut ini.

Siapa Saja Yang Tinggal Di Lingkungan Tersebut

Hidup di perumahan maupun apartemen, tetangga adalah orang terdekat selain keluarga. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui siapa dan seperti apa penghuni perumahan atau apartemen tersebut. Terlebih jika Anda memiliki anak, maka mengetahui apakah di lingkungan tersebut terdapat anak-anak yang seumuran dengan anak Anda sangatlah penting demi pembelajaran bersosialisasi.

Bagaimana Perawatan Di Lingkungan Tersebut

Anda tentu tidak ingin tinggal di lingkungan yang sudah tidak memadai dan tidak terawat. Oleh karena itu penting untuk meluangkan waktu berjalan dan berkeliling untuk mengetahui keadaan di sekitar. Mulai dari kondisi jalan yang bersih, tanaman yang terpotong rapi dan tampilan fisik bangunan yang tampak kokoh atau sudah rapuh.

Suara Bising Di Lingkungan

Selain memperhatikan kondisi di sekitar lingkungan, Anda pun perlu mengamati suasana di lingkungan tersebut. Mulai dari keberadaan suara binatang peliharaan, anak-anak yang ramai saat bermain, adanya suara kereta api atau mobil, dan berbagai sumber kebisingan yang lain. Jika dalam menentukan lokasi hunian yang tepat ketenangan menjadi hal utama, maka adanya sumber kebisingan tersebut dapat menjadi pertimbangan penting sebelum mengambil keputusan.

Adanya Polusi Bau

Mungkin Anda tidak terpikir akan hal ini, tetapi adanya bau yang mengganggu di sekitar hunian dapat menjadi faktor penting dalam menentukan pemilihan sebuah hunian. Adanya bau yang tidak sedap tentu akan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari Anda. Selain itu adanya bau juga menjadi pertanda bahwa di dekat hunian tersebut terdapat pabrik, lokasi peternakan atau tempat pembuangan sampah.

Sekolah

Bagi Anda yang sudah memiliki anak, dalam menentukan lokasi hunian yang pas, jauh dekatnya jarak hunian dari sekolah juga menjadi faktor penentu. Sebagian besar orang tua lebih memilih hunian yang lokasinya tidak jauh dari sekolah.

Perjanjian Dengan Pengembang

Selain mengetahui kondisi tetangga dan lingkungan, komitmen dengan pengembang pun juga menjadi faktor penentu. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat bertanya pada tetagga sekitar atau langsung pada pihak pengembang. Mengetahui apakah pengembang berkomitmen menjaga kondisi lingkungan perumahan maupun apartemen sangat penting, mulai dari bagaimana sistem keamanannya, estetika di lingkungan, hingga fasilitas air dan juga listrik.

BACA JUGA:
Inspirasi Dekorasi Hunian Bergaya Skandinavian
Tips Dan Trik Penerapan Konsep Interior Bergaya Skandinavian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *