Tips Sewa Apartemen Dengan Harga Murah Di Perkotaan

sewa apartemen

Dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal, seseorang dapat membeli hunian berupa rumah atau apartemen. Namun jika hal tersebut masih belum dapat dilakukan, maka pilihan yang dapat di ambil adalah dengan cara menyewa. Jika Anda sedang mencari apartemen di daerah perkotaan untuk disewa dalam jangka waktu tertentu, berikut beberapa tips yang dapat berguna untuk mendapatkan apartemen terbaik dengan harga murah.

Skala Prioritas

Mencari apartemen untuk disewa memang tidak mudah. Oleh karena itu pastikan Anda tahu dan dapat membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan. Jika Anda memang membutuhkan sebuah apartemen di daerah perkotaan untuk memberikan kemudahan dalam hal pekerjaan, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Pilih tipe unit apartemen yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tinggal sendirian, maka sebaiknya pilih unit yang kecil karena ukuran unit dapat mempengaruhi harga sewa apartemen.

Susun Anggaran

Ada berbagai tipe unit apartemen yang biasanya ditawarkan bagi calon penyewa. Setelah menentukan tipe unit apartemen apa yang Anda inginkan, hitung semua biaya yang dibutuhkan dalam jangka waktu penyewaan, mulai dari harga sewa pokok, perawatan dan dana lain yang nantinya muncul dan menjadi tanggung jawab penyewa. Setelah dana tersebut dikalkulasi, periksa apakah jumlahnya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Periksa Lokasi Apartemen

Pencarian apartemen tidak cukup hanya melalui online saja. Setelah menentukan beberapa pilihan, periksa lokasi masing-masing apartemen tersebut, apakah cukup dekat dengan lokasi Anda bekerja. Selanjutnya periksa juga apakah lokasi apartemen cukup strategis dan dekat dengan fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, bandara, stasiun, terminal dan lainnya.

Periksa Kondisi Apartemen

Setelah tahu apartemen mana yang lokasinya paling strategis dan pas, langkah selanjutnya adalah mendatangi apartemen tersebut secara langsung atau melakukan survey. Hal ini penting untuk dilakukan guna mengetahui kondisi fisik dari apartemen yang akan Anda sewa. Periksa dengan seksama setiap bagian dari unit apartemen tersebut, mulai dari fungsi saklar dan stop kontak, kran air, lampu, luas area, dan sebagainya.

Pastikan Kondisi Lingkungan Apartemen

Selanjutnya yang harus dipastikan adalah lingkungan dari apartemen tersebut. Sempatkan bertanya ke beberapa penghuni gedung apartemen tentang lingkungan di sana. Dengan demikian Anda akan tahu apakah lingkungan tersebut cukup bersahabat atau tidak. Selain itu perhatikan juga sistem keamanan dari gedung apartemen. Cek apakah di setiap sudut terpasang kamera pengawas dan tanyakan tentang jam jaga petugas keamanan.

Nego Harga

Anda bisa saja tidak langsung setuju atas harga sewa yang ditawarkan kepada Anda. Lakukan negosiasi harga secara rasional dengan mempertimbangkan kondisi dari unit apartemen yang akan disewa. Jika selama survey Anda menemukan beberapa kelemahan atau masalah, Anda dapat menggunakannya sebagai alasan untuk menurunkan sedikit harga sewa apartemen dari harga yang ditawarkan.

Buat Surat Perjanjian Sewa

Surat perjanjian penting untuk dibuat sebagai bukti sah bahwa Anda telah menyewa unit apartemen tersebut. Dalam perjanjian tersebut, tuliskan semua yang telah disepakati secara detail, mulai dari jangka waktu, harga sewa yang telah disepakati, hak dan tanggung jawab baik penyewa maupun pemilik dan hal-hal lain yang dianggap perlu. Buat surat perjanjian ini rangkap dua dan dibubuhi materai agar berkekuatan hukum.

BACA JUGA:
Tips Aman Tinggalkan Apartemen Saat Berlibur
Yakinkan Diri Menabung Untuk Beli Properti Dengan Alasan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *