Kiat Sukses Ciptakan Taman Vertikal Di Apartemen

vertical-garden

Banyak orang memilih tinggal di apartemen karena hunian tinggi ini dianggap memiliki banyak keuntungan yang dapat membantu sang penghuni untuk dapat menjalankan hidup dengan lebih mudah. Namun karena terbatasnya lahan, salah satu kekurangan dari tinggal di apartemen adalah tidak bisa memiliki taman.

Sebenarnya hal ini dapat dengan mudah disiasati dengan memanfaatkan beberapa area di apartemen untuk dijadikan taman, salah satu jenis taman yang paling tepat adalah taman vertikal. Selain menjadi area penghijauan, adanya taman vertikal juga dapat menambah estetika dari bangunan itu sendiri.

Jika Anda tertarik untuk membuat taman vertikal di apartemen, simak kiat suksesnya berikut ini.

Siapkan Media Tanam

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat taman vertikal adalah menyiapkan media tanam. Jika taman pada umumnya menggunakan media tanah, untuk taman vertikal Anda dapat menggunakan media lain, seperti rockwool, batu, pasir, sekam, zeolite, dan cocopeat.

Pilih Bibit

Tidak semua jenis tanaman cocok untuk digunakan dalam membuat taman vertikal. Oleh karena itu pemilihan bibit perlu dilakukan dengan cermat. Biasanya tanaman yang ditanam untuk taman vertikal adalah jenis sayur-sayuran, seperti misalnya pakcoy, caisim, selada, bayam, dan kangkung. Selain tanaman sayur-sayuran, bunga anggrek juga cocok untuk ditanam pada taman vertikal.

Siapkan Wadah Penanaman

Ada banyak jenis wadah yang dapat Anda gunakan untuk menanam taman vertikal. Namun yang perlu diperhatikan adalah wadah tersebut juga dapat menunjang proses persemaian. Anda dapat memanfaatkan paralon, netpot, dan baki-baki berbahan plastik. Hindari wadah yang terbuat dari seng karena dapat memperhambat tumbuhnya bibit.

Rawat Bibit Sepenuh Hati

Jika media tanam, bibit dan wadah sudah selesai disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Lakukan proses persemaian dengan sepenuh hati seperti merawat seorang bayi. Jika kecambah sudah tumbuh, maka Anda dapat mulai meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. Dan mulai pindahkan bibit yang sudah tumbuh ke media tanam yang sudah disiapkan.

Beri Tambahan Nutrisi

Agar tanaman yang Anda tanam tampak lebih segar dan tumbuh dengan baik, Anda dapat memberi tambahan nutrisi untuk tanaman, baik itu dengan memberi pupuk cair atau pupuk kompos. Menyiram saja tidaklah cukup jika hasil yang Anda inginkan maksimal.

BACA JUGA:
Pahami Etika Sebelum Renovasi Hunian
Tips Ciptakan Ruang Makan Minimalis Yang Eye-Catching

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *