Mengenal Drywall & 7 Kelebihannya

2012 russia innovation photo02

Saat mendengar kata drywall, tentu sebagian dari Anda bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan drywall. Jika diartikan secara harfiah, drywall berarti dinding kering. Drywall sendiri sebenarnya merupakan plasterboard atau papan gipsum.

Dibandinkan dengan dinding konvensional, konstruksi drywall dinilai memiliki banyak kelebihan sehingga saat ini konstruksi ini lebih banyak diminati. Drywall banyak digunakan sebagai partisi untuk beragam kegunaan, seperti cubicle kantor, sekat antar ruang di rumah maupun apartemen, rumah sakit, gedung bioskop dan juga museum seni.

Jika Anda tertarik untuk mencoba konstruksi drywall untuk diterapkan di rumah maupun apartemen, simak beberapa kelebihan dari drywall berikut ini.

Konstruksi Kering

Pemasangan drywall tidal membutuhkan air seperti ketika pemasangan beton maupun batu bata, sehingga tidak akan meninggalkan kotoran sisa adukan semen. Selain itu karena konstruksinya yang kering, pemasangan pun dapat dilakukan lebih cepat sehingga lebih hemat biaya.

Efisiensi Waktu

Membangun hunian menggunakan konstruksi drywall terbilang lebih cepat karena pemasangannya begitu ringkas dan praktis. Dengan demikian proses pembangunan pun lebih cepat selesai sehingga dapat menghemat waktu dan juga biaya.

Tekstur Ringan

Dibandingkan dengan konstruksi batu bata, konstruksi drywall 10 kali jauh lebih ringan. Untuk bangunan vertikal seperti apartemen, konstruksi drywall sangat membantu dalam hal pengurangan volume beban konstruksi.

Fleksibel

Selain ringan, konstruksi drywall pun sangat fleksibel sehingga dapat dengan mudah dibentuk untuk menciptakan dan membagi ruang sesuai kebutuhan. Dengan demikian, area yang ada dapat dimaksimalkan penggunaannya.

Excellent Performance

Drywall memiliki banyak kemampuan yang tidak dimiliki oleh batu bata maupun beton. Meskipun drywall tidak terlalu tebal, namun drywall mampu meredam suara secara maksimal. Tidak hanya itu, drywall juga tahan terhadap api dan mampu menahan panas tinggi selama empat jam. Sehingga jika terjadi kebakaran, orang yang ada di dalam bangunan memiliki cukup waktu untuk keluar dan menyelamatkan diri.

Daya Tarik Estetis

Dengan permukaan yang halus, dan bebas retak, gaya dekorasi apapun cocok untuk diterapkan pada konstruksi hunian dengan menggunakan drywall. Anda dapat dengan mudah mengecat, memasang wallpaper atau ubin keramik di permukaan drywall.

Ramah Lingkungan

Drywall adalah salah satu bentuk produk ramah lingkungan dan dapat didaur ulang dengan mudah. Karena materialnya tidak menggunakan air, sehingga pemanfaatan sumber daya alam yang berharga dapat dialihkan pada hal lain.

BACA JUGA:
Jangan Dijual! Manfaatkan Rumah Tua Hasil Warisan Untuk Ini!
Memilih Jenis Pencahayaan Yang Tepat Untuk Kamar Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *