Tips Mendesain Ruang Cuci Mungil & Minimalis

ruang-cuci

Setiap rumah atau apartemen tentu memiliki sebuah ruang cuci atau laundry room. Pasalnya, selain memasak, kegiatan mencuci dan menyetrika adalah salah satu agenda wajib yang harus dijalankan secara rutin.

Ruangan ini kerap harus disembunyikan atau dijauhkan dari ruangan lain untuk menjaga agar suara bising yang timbul saat mengoperasikan mesin cuci tidak mengganggu kenyamanan di ruangan lain. Namun sayangnya tidak semua hunian memiliki luas yang memungkinkan untuk hal ini.

Jika Anda memiliki hunian berukuran kecil dan sedang kebingungan untuk mengatur ruang cuci, maka tips berikut sangat penting untuk disimak.

Ruang Cuci Bentuk L

Jika ruangan yang tersedia berbentuk persegi panjang, Anda dapat menata ruangan dengan bentuk L dan menggunakan sisi yang lebih pendek sebagai tempat untuk wastafel dan juga mesin cuci. Dan di sisi yang lain Anda dapat meletakkan lemari, keranjang baju kotor dan juga sebagai tempat untuk menyetrika pakaian.

Papan Setrika

Menyetrika kadang menjadi kegiatan yang kurang disukai, terutama jika tempat untuk menyetrika kurang nyaman. Anda dapat memasang papan setrika yang dapat dilipat dan disembunyikan saat tidak sedang digunakan. Model papan setrika seperti ini sangat praktis dan juga menghemat tempat.

Menata Lemari Laundry

Penataan yang tepat dapat membantu Anda menyiasati ruangan yang sempit. Letakkan sebuah lemari bersekat untuk menyimpan segala peralatan dan kebutuhan mencuci, mulai dari detergen, pelembut, pewangi pakaian, sikat, setrika dan juga hanger. Jika terdapat area sisa, Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan baju. Sebaiknya pisahkan tempat penyimpanan baju dengan peralatan mencuci.

Gunakan Tirai

Di ruangan yang sempit, memisahkan ruang cuci dengan ruang yang lain dengan menggunakan dinding dan pintu sangatlah kurang bijak. Jika Anda ingin menyembunyikan area cuci tanpa memberikan kesan sesak pada ruangan, Anda dapat menggunakan tirai. Saat sedang tidak digunakan, Anda dapat menutup tirai dan area cuci pun tidak akan terlihat dari area lain.

Pilih Lokasi Yang Tepat

Di beberapa hunian dengan ukuran yang luas, area cuci biasanya diletakkan di basement atau dekat garasi agar suara bising dari mesin cuci tidak mengganggu aktivitas lain. Namun jika hunian Anda memiliki luas yang lebih kecil, maka Anda dapat meletakkan area cuci di dekat dapur atau di area teras belakang.

BACA JUGA:
Tips Ciptakan Reading Corner Di Apartemen Mungil
Penting! Perhatikan Rasio Parkir Saat Akan Cari Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *