Langkah Antisipasi Untuk Hunian Di Wilayah Langganan Banjir

Rains in Chennai

Memasuki musim penghujan, tidak sedikit wilayah di Indonesia yang mengalami bencana banjir, tidak terkecuali di wilayah ibukota Jakata. Banjir yang melanda wilayah Jakarta memiliki ketinggian mulai dari beberapa sentimeter hingga mencapai dua meter dan merendam rumah-rumah.

Tidak hanya membuat repot, dan menimbulkan banyak penyakit, banjir tentu juga dapat merusak rumah dan beragam perabot yang terendam. Jika rumah Anda berada di salah satu wilayah yang menjadi langganan banjir, maka tidak ada salahnya untuk melakukan antisipasi sebelum banjir datang. Langkah apa saja yang perlu dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

Membuat Tanggul

Agar air banjir tidak masuk ke dalam rumah, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan meninggikan lantai rumah. Namun cara ini membutuhkan waktu dan juga biaya yang tidak sedikit. Sebagai alternatif, Anda dapat membuat tanggul di depan rumah.

Caranya, pasang beberapa papan kayu atau tumpukan karung pasir di depan teras atau di pintu masuk untuk menahan air yang akan masuk ke dalam rumah. Cara ini cukup efisien jika banjir yang menggenang tidak terlalu tinggi.

Cek Saluran Pembuangan

Salah satu penyebab banjir adalah macetnya saluran pembuangan oleh sampah. Oleh karena itu sebelum musim hujan tiba, tidak ada salahnya untuk memastikan aliran air di saluran pembuangan di sekitar rumah lancar dan dapat mengalir dengan baik.

Membuat Biopori

Salah satu penyebab banjir yang lain adalah karena air yang tidak mampu meresap ke dalam tanah. Agar tanah dapat menyerap air lebih banyak dan lebih baik, Anda dapat membuat lubang-lubang biopori di sekitar rumah.

Cara membuat lubang biopori pun tidaklah sulit. Anda hanya perlu membuat lubang dengan diameter 10cm dengan kedalaman 100cm. Isi lubang tersebut dengan sampah organik, seperti daun-daun dan sisa sayuran.

Tanaman

Menanam pohon juga dapat menjadi langkah yang tepat untuk menanggulangi banjir. Tanaman, terutama pohon berkambium dapat menyerap banyak air sehingga dapat mengurangi dampak banjir. Anda dapat menanam beberapa jenis tanaman di sekitar rumah, seperti bambu, jati, akar wangi, mahoni, asam jawa dan yang lainnya.

BACA JUGA:
Pastikan Tiga Hal Ini Dibersihkan Sebelum Tamu Datang
Keuntungan Memanfaatkan Jasa Agen Untuk Jual-Beli Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *