Inspirasi Hunian Tradisional Nan Bersahaja Ala Desainer Yogyakarta

lulu-lutfi-labibi-1

Ada banyak filosofi yang terdapat pada budaya Jawa, tidak terkecuali pada desain rumah yang kental dengan nuansa tradisional nan asri. Kecintaan pada budaya Jawa ditunjukkan oleh Lulu Lutfi Labibi, seorang desainer yang begitu mencintai kota gudek, Yogyakarta tidak hanya melalui karyanya, tetapi juga desain huniannya.

Rumah lulu yang berada di Kampung Paketan yang lokasinya tidak jauh dari Pasar Kotagede memiliki desain khas Jawa yang begitu tradisional, asri, dan juga artistik. Tembok tua, dinding berwarna kusam, dan perabot kayu dengan finishing yang memudar adalah beberapa elemen yang ada pada rumah miliknya.

lulu-lutfi-labibi-2

Salah satu ciri khas dari rumah bergaya Jawa adalah adanya pintu gerbang berukuran rendah. Pintu rendah ini memiliki filosofi hidup yang berarti sikap bersahaja dan juga sopan. Pintu semacam ini juga mengingatkan siapa saja yang melewatinya untuk selalu rendah hati dan tidak sombong.

lulu-lutfi-labibi-3

Tanaman dan juga pintu yang sudah kusam berpadu dengan begitu apik sehingga nuansa asri begitu terasa di area halaman depan rumah Lulu. Di area teras, nuansa tradisional begitu terasa karena adanya tiang-tiang penyangga rumah khas Jawa, dan beberapa perabot kayu bergaya rustik yang tertata apik di teras.

lulu-lutfi-labibi-4

Sebagian besar rumah memang mengadopsi gaya Jawa yang kental, namun di salah satu sudut halaman terdapat area yang begitu menarik perhatian. Terdapat satu set perabot bergaya minimalis berwarna-warni yang mampu menghadirkan suasana berbeda di tengah nuansa yang tradisional.

BACA JUGA:
Inspirasi Hunian Romantis Ala Presenter Talk Show, Ellen DeGeneres
Penyebab Kenaikan Harga Apartemen di Kawasan Depok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *