Kelebihan dan Kekurangan Investasi Apartemen

Ilustrasi membeli properti

Penjualan unit apartemen semakin hari semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan gaya hidup praktis untuk beroleh kemudahan dalam beraktifitas, terumata dengan tingkat kemacetan yang semakin parah sehingga orang-orang memilih untuk tinggal di tempat yang dekat dengan lokasi pekerjaan dan kampus.

Kondisi yang seperti ini dimanfaatkan oleh para investor apartemen untuk berbisnis sewa apartemen. Meskipun terlihat mudah dengan untung yang cukup menggiurkan, pada kenyataannya investasi apartemen pun tidak semudah yang dibayangkan. Dalam dunia bisnis, tentu ada kelebihan dan kekurangan yang muncul, tidak terkecuali bisnis sewa apartemen.

Kelebihan

Terdapat beberapa kelebihan dalam investasi apartemen, yakni permintaan yang semakin meningkat, terutama di wilayah pusat perkantoran dan bisnis, kawasan pemukiman ekspatriat, dan juga kawasan di sekitar kampus. Selain itu jangka waktu sewa relatif menengah, sekitar 2 hingga 3 tahun. Apartemen atau kondominium yang banyak disewa biasanya yang terletak tidak jauh dengan lokasi kantor sehingga jangka waktu sewa pun tidak terlalu lama.

Saat penyewa sudah nyaman di apartemen yang disewa, biasanya penyewa akan melanjutkan sewa apartemen tersebut, sehingga resiko kekosongan cukup rendah. Jika sewa tidak dilanjutkan pun, akan ada banyak calon penyewa lain yang datang dan mencari unit kosong yang masih tersedia. Hal ini juga dipengaruhi oleh mulai terbiasanya masyarakat di negara ini dengan hunian vertikal.

Yang terakhir, capital rate sewa apartemen relatif lebih tinggi dari pada sewa rumah. Karena resiko kekosongan yang rendah, maka pemasukan yang diperoleh dari sewa unit apartemen menjadi lancar.

Kekurangan

Selain beragam kelebihan, terdapat beberapa kekurangan dalam investasi apartemen ini. Yang pertama adalah kejelian dalam memilih lokasi. Para calon investor harus berhati-hati dan cermat dalam memilih lokasi hunian tinggi yang memiliki potensi maksimal. Maraknya pengembang kini membangun apartemen di area pinggiran kota, sehingga lokasinya kurang strategis untuk dijadikan investasi.

Kedua, pemilihan manajemen gedung yang baik. Tidak sedikit apartemen dengan lokasi strategis yang tidak diminati lantaran manajemen pengelolaan yang dinilai kurang baik. Kenyamanan penghuni apartemen bergantung pada tingkat kepedulian pihak pengelola gedung dalam hal perawatan dan perbaikan fasilitas umum.

BACA JUGA:
Melirik Keuntungan Investasi Apartemen Sistem Sewa dan Jual Beli
Bermain Warna Untuk Ciptakan Suasana Nyaman Di Kamar Tidur Dan Kamar Mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *