Cara Mudah Bertanam di Apartemen dengan Window Garden

window garden

Meskipun tinggal di apartemen, tidak sedikit orang yang tertarik untuk melakukan kegiatan bercocok tanam di hunian mereka. Selain sebagai hobi, bertanam di dalam hunian juga dapat menjadi solusi untuk menghasilkan bahan makanan sendiri.

Bagi orang yang tinggal di apartemen dengan lahan yang terbatas, tidak jarang metode taman vertikal banyak diterapkan sebagai solusi. Namun jika membuat taman vertikal terlalu mainstream untuk Anda, Anda dapat menjajal window garden.

Window garden berarti menggunakan area jendela sebagai tempat untuk membuat taman mungil. Ada beberapa jenis tanaman yang dapat Anda tanam di window garden, mulai dari bunga-bunga mungil hingga tanaman bumbu dapur.

Agar sukses membuat dan merawat window garden di apartemen, simak penjelasannya berikut ini.

Siapkan Kotak

Agar dapat membuat window garden yang cantik, siapkan kotak-kotak yang nantinya akan diisi dengan tanaman. Dengan menggunakan kotak atau pot, Anda juga dapat memaksimalkan area kusen jendela untuk menciptakan taman mungil yang unik.

Perhatikan Ukuran & Kekuatan

Untuk membuat taman yang cantik di area jendela, Anda tidak harus memasang pot-pot besar dengan tanaman yang besar. Sesuaikan ukuran pot dan juga berat tanaman dengan kekuatan area jendela. Jangan sampai saat sudah terpasang, area kusen menjadi rusak karena beban pot dan tanaman yang terlalu berat.

Pilih Jenis Tanaman

Untuk membuat window garden, Anda dapat memilih beberapa jenis tanaman bunga, seperti kaktus, english ivy, petunia, sukulen, dan philodendron. Tanaman ini cocok  untuk window garden karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan cukup mudah dalam hal perawatan.

Perhatikan Posisi Jendela

Jika jendela yang Anda pilih untuk dijadikan window garden merupakan area yang sering terpapar sinar matahari, maka hal ini juga akan sangat berpengaruh pada pemilihan jenis tanaman. Pasalnya dengan paparan sinar matahari yang tinggi, beberapa jenis tanaman herbal dan sayuran justru tidak akan dapat tumbuh dengan baik.

BACA JUGA:
Unik, Penthouse Mewah Ini Ada di Dalam Menara Jam!
Tips Memilih Pintu Untuk Hunian Bergaya Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *