Tips Persiapkan Kamar Tidur untuk Anak di Apartemen

kamar batita

Mempersiapkan kamar tidur untuk menyambut buah hati tentu menjadi hal yang menyenangkan. Anda tentu memiliki banyak bayangan seperti apa tampilan kamar tidur tersebut dengan banyak pilihan tema maupun gaya desain.

Namun mempersiapkan kamar tidur untuk anak-anak, terutama batita tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Selain tampak menarik, Anda juga harus memastikan bahwa kamar tersebut aman dan nyaman untuk ditempati oleh anak-anak saat mereka beraktifitas, mulai dari tidur, hingga bermain.

Simak beberapa persiapan keamanan saat mendesain kamar anak di apartemen yang tidak boleh Anda lewatkan berikut ini.

Tali Pengaman

Jika terdapat sebuah meja untuk mengganti pakaian di kamar anak, maka pastikan di meja tersebut terdapat tali pengikat sehingga saat anak berada di atas meja, mereka jadi lebih aman. Dengan adanya tali pengikat, maka anak akan terhindar dari jatuh saat mereka berguling di atas meja.

Baut Meja Kabinet

Meja kabinet dengan banyak laci sering dipilih sebagai furniture yang digunakan untuk menyimpan segala keperluan anak, mulai dari pakaian, hingga perlengkapan lainnya. Namun sayangnya meja kabinet dengan banyak laci ini dapat dipanjat dengan mudah oleh anak-anak. Oleh karena itu agar meja tidak jatuh, pasang baut pada meja kabinet ke dinding.

Hindarkan Bantal & Boneka Besar

Meletakkan sebuah boneka atau bantal besar disudut ruangan memang dapat membuat ruangan tampak menarik. Namun pastikan posisi boneka atau bantal tersebut tidak akan menimpa anak saat mereka tidur.

Sela Pagar

Jika Anda menggunakan ranjang anak-anak atau boks bayi dengan pagar pembatas, maka pastikan bahwa sela pagar tidak lebih lebar dari kepala anak-anak. Hal ini untuk menghindarkan anak Anda dari insiden kepala terjepit di sela pagar ranjang tidurnya.

Hindari Boks Berpintu Engsel

Selain untuk beristirahat, anak biasanya juga bermain di kamar mereka. Oleh karena itu tidak jarang ditemukan boks mainan di kamar mereka. Jika Anda menggunakan boks untuk menyimpan mainan anak-anak, maka sebaiknya hindari memilih boks dengan tutup atau pintu dengan engsel agar menghindarkan anak-anak dari terjepit.

BACA JUGA:
Apa Jadinya Jika Helikopter AU Diubah Jadi Hunian?
Rumah Koda, Solusi Hunian Minim Lahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *