Tips Hunian Bebas Bau Saat Ditinggal Mudik Lebaran

mudik

Selama mudik lebaran, tidak jarang rumah atau apartemen ditinggalkan kosong tanpa penghuni selama beberapa waktu. Jika ditinggalkan tanpa persiapan yang tepat, hunian yang kosong dalam beberapa waktu dapat memunculkan bau yang membuat tidak nyaman saat kembali ditinggali. Oleh karena itu berikut beberapa tips agar hunian tidak bau selama ditinggal mudik ke pulang kampung.

Cek Atap Dan Dinding

Sangat penting untuk memeriksa atap dan dinding rumah sebelum ditinggalkan. Jika hujan datang dan atap dibiarkan bocor, air dapat tergenang di dalam rumah dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dinding juga harus diperiksa apakah ada keretakan atau lembab dan berjamur. Jika ada sempatkan untuk melakukan pengecatan atau penembelan di area yang diperlukan.

Lantai Dan Karpet Bebas Debu

Meninggalkan rumah dalam keadaan bersih sangatlah penting. Beberapa hari sebelum keberangkatan, sempatkan untuk membersihkan lantai, menyapu dan mengepel, dan juga membersihkan karpet dengan menggunakan penyedot debu. Lantai dan karpet yang bersih akan membuat hunian lebih nyaman.

Beri Sirkulasi Udara

Jika di dalam hunian terbiasa menggunakan pendingin udara, selama ditinggal sebaiknya beri sedikit celah agar udara dapat tersikulasi dengan baik. Buka penutup lubang ventilasi untuk sementara waktu selama hunian kosong. Setelah kembali, penutup lubang ventilasi dapat dipasang kembali.

Lepaskan Tirai Dan Sprei

Sebaiknya jangan meninggalkan hunian dalam kondisi tirai dan sprei masih terpasang. Biasanya tirai terdiri dari dua lapis kain, putih tipis dan tebal bermotif. Lepaskan lapisan tirai yang tebal dan bermotif, cuci bersih dan simpan di dalam tempat yang aman. Begitu juga dengan sprei, bed cover dan sarung bantal. Lepaskan semua sprei, bed cover dan sarung bantal yang terpasang, cuci dan simpan di tempat aman.

Jangan Sisakan Sampah

Sebelum pergi, pastikan tidak ada sampah yang tertinggal, baik itu sampah basah maupun sampah kering. Periksa tempat penampungan air, kosongkan isinya agar tidak menjadi sarang nyamuk. Selain itu juga periksa isi lemari es. Singkirkan bahan makanan yang tidak bisa bertahan lama dan kemungkinan bisa membusuk dan meninggalkan aroma tak sedap.

Pasang Pengharum Ruangan

Yang terakhir yakni memasang pengharum ruangan dan silica gel yang dapat menyerap udara lembab. Gantung pengharum ruangan di beberapa sudut hunian. Anda juga dapat menebar beberapa kamper untuk mencegah datangnya semut dan kecoa.

BACA JUGA:
Mengintip Isi Penthouse Sang Legenda Hollywood, Marilyn Monroe
Persiapkan Hunian Untuk Acara Buka Puasa Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *