Tips Agar Pagar Rumah Tampil Baru Kembali

pagarkayu

Tidak hanya cat dinding yang perlu diperbaharui. Pagar rumah pun perlu dipoles agar tampilan rumah Anda menjadi lebih indah dan tampak segar. Selain berfungsi sebagai pelindung rumah, pagar yang tampil menawan juga dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih segar.

Agar tampilan pagar rumah Anda tampak baru dan segar, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat memperbaharui tampilan pagar. Simak penjelasannya berikut ini.

Bersihkan Bidang Besi

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memilih pagar bermaterial besi untuk rumah mereka. Ada juga yang menggunakan pagar dengan kombinasi material kayu dan besi. Jika pagar rumah Anda memiliki material besi, sebelum mengecat ulang, bersihkan pagar dari kotoran seperti debu, air, dan minyak. Jika terdapat karat, bersihkan karat dengan menggunakan sikat kawat.

Penggunaan Cat Besi

Untuk pagar yang berkarat, sapukan cat dasar pada permukaan besi. Hal ini untuk mencegah karat agar tidak timbul kembali. Setelah lapisan pertama kering dengan sempurna, aplikasikan cat lapisan selanjutnya yang sudah dicampur dengan thinner. Agar hasil rata sempurna, setelah dikeringkan selama minimal 8 jam, ulangi dengan menyapukan lapisan cat kedua.

Amplas Bidang Kayu

Agar tampilan permukaan pagar bermaterial kayu tampak rata dan licin, sebelum melakukan pengecatan, amplas terlebih dahulu dengan menggunakan amplas no 180. Setelah selesai haluskan dengan amplas no 240. Jika terdapat permukaan yang berlubang, tambal dengan menggunakan wood putty. Wood putty juga berfungsi untuk menutup pori-pori kayu agar hasil pengecatan lebih solid. Bersihkan permukaan kayu dari debu, air, minyak, dan sisa amplas sebelum mengaplikasikan cat.

Ikuti Serat Kayu

Saat mengaplikasikan cat, sebaiknya ikuti arah serat kayu. Agar serat kayu lebih terlihat, Anda dapat mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu yang sudah diencerkan dengan thinner. Setelah cat dasar kering, aplikasikan cat sesuai dengan warna yang diinginkan dengan mengikuti arah serat kayu.

BACA JUGA:
Jayaboard Bedah 5 Rumah Kumuh Gresik Dalam 30 Hari
Apartemen Gangnam Bekasi 90% Laku, Pembangunan Segera Dimulai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *