Persiapan Penting Sebelum Ditinggal Asisten Rumah Tangga Pulang Kampung

bersih

Bagi sebuah keluarga, keberadaan asisten rumah tangga terkadang menjadi kebutuhan yang sangat penting, terutama jika suami dan istri sama-sama sibuk bekerja. Dan menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti ini, tentu sang asisten rumah tangga juga ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman.

Jika Anda menghadapi situasi yang sama, Anda tidak perlu pusing dan panik untuk menghadapi hal ini. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum asisten rumah tangga Anda pulang kampung.

Tanyakan Berapa Lama Asisten Rumah Tangga Akan Mudik

Agar Anda dapat mengatur jadwal cuti tahunan dan menjalankan rencana berlebaran dengan lancar, Anda perlu menanyakan berapa lama si mbak akan berada di kampung halaman. Tidak jarang asisten rumah tangga pun tidak kembali sesuai yang dijanjikan. Agar si mbak mau menepati janji, Anda dapat berkompromi dengan memberikan kenaikan gaji atau memberi ongkos untuk dapat kembali ke rumah Anda.

Persiapkan Anggaran Tambahan

Kondisi rumah yang terbiasa dengan bantuan asisten rumah tangga dan tiba-tiba harus ditinggalkan oleh si mbak tentu Anda harus dapat berkompromi dengan mempersiapkan anggaran tambahan. Misalnya jika tak sempat untuk menyelesaikan cucian, Anda tentu butuh jasa loundry. Dan jika tidak sempat memasak, tentu harus ada dana tambahan untuk membeli makan di luar rumah.

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan jasa pembantu harian. Meskipun tarifnya sedikit lebih mahal, tetapi Anda tidak perlu menggunakan jasanya setiap hari, misalnya dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali.

Berbagi Tanggung Jawab Di Dalam Keluarga

Sebenanya saat si mbak pulang kampung, inilah waktu yang tepat untuk membagi tugas dan tanggung jawab kepada seluruh anggota keluarga. Misalnya usai makan, masing-masing harus membersihkan perlatan makannya sendiri, membersihkan kamarnya sendiri dan juga menjaga kebersihan rumah bersama-sama. Hal ini dapat menumbuhkan kemandirian pada masing-masing anggota keluarga, terutama pada anak-anak.

Bersiap Mencari Pembantu Baru

Hal ini penting untuk mengantisipasi jika si mbak enggan untuk kembali bekerja di rumah Anda. Tetapi jika asisten rumah tangga menepati janjinya untuk kembali, hal ini tidak akan menjadi masalah. Anda dapat merekomendasikannya ke orang lain.

BACA JUGA:
Ubah Hunian Jadi Penginapan Yang Nyaman
Cara Aman Lindungi Hunian Saat Musim Mudik Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *