Pentingnya Pertimbangkan Pengembang Saat Beli Hunian

asuransi hunian

Membeli rumah atau apartemen tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa. Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan, tidak hanya soal lokasi, harga, atau fisik bangunan, tetapi juga pengembang yang bekerja di balik proyek hunian tersebut.

Penting untuk mempertimbangkan siapa pengembang yang bekerja di balik proyek properti karena Anda tentu tidak mau tertipu bujuk rayu pengembang nakal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli hunian, perhatikan beberapa hal yang ada pada pengembang atau developer seperti dijelaskan berikut ini.

Kredibilitas

Semakin besar perusahaan pengembang, maka semakin besar pula cadangan sumber dana yang dimiliki. Hal ini berhubungan dengan ketepatan waktu dalam pembangunan rumah maupun apartemen. Anda dapat mendeteksi reputasi pengembang dengan cara mencari berita seputar kasus perumahan. Tidak sedikit situs yang mempublikasi nama-nama perusahaan pengembang nakal yang sering tersandung kasus.

Salah satu ciri pengembang yang kredibel adalah yang sudah memiliki kerjasama dengan bank. Pasalnya dengan kerjasama tersbeut, bank tentu sudah mengevaluasi developer dengan seksama, mulai dari status tanah, peruntukan lahan, sertifikat, dan aspek lain mulai dari fasilitas umum, sosial dan lingkungan.

Legalitas

Penting untuk memastikan bahwa tanah yang dimiliki pengembang telah memiliki sertifikat induk. Anda dapat menanyakan dan meminta untuk melihat sertifikat tersebut. Namun jika pengembang menggunakan sertifikat tersebut untuk diagunkan ke bank, jangan ragu untuk meminta Akta Pemberian Hak Tanggungan dan Sertifikat Hak Tanggungan pada pengembang.

Selain sertifikat, Anda juga perlu memastikan developer telah mengantongi izin lokasi. Jangan terburu-buru menyetorkan uang muka jika beberapa hal tersebut masih belum jelas agar Anda tidak menghadapi masalah di kemudian hari.

Komitmen

Sebagai bentuk promosi, pengembang biasanya menjanjikan berbagai fasilitas, mulai dari fasilitas rumah, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Penting memastikan bahwa pengembang memberi kepastian terhadap janji fasilitas yang telah disampaikan.

BACA JUGA:
Efek Warna Terhadap Pembentukan Mood
Setahun Dipasarkan, 2000 Unit Apartemen Serpong Garden Berhasil Terjual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *