Merencanakan Pembelian Rumah Dalam Setahun

beli properti

Membeli rumah atau apartemen tentu bukanlah perkara kecil dan sederhana yang dapat dilakukan dengan cepat. Namun tidak menutup kemungkinan, dengan perencanaan yang tepat, Anda dapat memiliki hunian impian dalam waktu satu tahun saja.

Jika Anda benar-benar ingin segera memiliki rumah, maka fokuskan diri dan pikiran untuk mencapai tujuan tersebut. Agar rumah impian dapat dimiliki dalam waktu setahun, simak tipsnya berikut ini.

Januari – Mulai Menabung DP

Menabung bukanlah perkara mudah. Tidak jarang ada saja hal yang membuat jumlah tabungan tidak bertambah, bahkan justru berkurang. Namun jika sudah berniat membeli rumah, maka Anda harus membuat target dan disiplin dalam mengelola keuangan. Dengan demikian uang tabungan dapat terkumpul guna membayar uang muka.

Maret – Cek Status Kredit

Di bulan ke tiga, Anda perlu memastikan rekam jejak keuangan Anda di bank dalam kondisi yang baik. Pastikan Anda tidak memiliki riwayat kredit yang buruk, baik dari pinjaman, kredit kendaraan atau tagihan kartu kredit.

Juni – Survei Lokasi

Dengan jumlah tabungan yang kian bertambah, serta rekam jejak keuangan yang sudah mulai tertata, maka langkah selanjutnya di pertengahan tahun adalah mulai mencari lokasi rumah impian. Agar mendapatkan rumah terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan, maka kumpulkan informasi dengan cermat dan detail.

September – Memilih Bank

Jika rumah impian sudah ditemukan, maka langkah selanjutnya menjelang akhir tahun yakni melakukan riset untuk pengajuan KPR. Ada banyak hal yang harus Anda pahami, mulai dari jumlah suku bunga yang ditetapkan, persyaratan, dan sebagainya.

Oktober – Desember – Hubungi Developer

Jika sudah menemukan bank yang paling sesuai, maka langkah selanjutnya adalah menghubungi developer. Sebelum melakukan transaksi, lakukan komunikasi secara intensif mulai dari informasi seputar promo terkini, hingga spesifikasi bangunan.

BACA JUGA:
Tips Memilih Bank Agar Lancar Cicil KPR
Tahapan Pengajuan KPR Rumah Seken

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *