Memahami Lebih Jauh Apartemen Tipe Studio

apartemen-studio

Kebutuhan akan hunian semakin hari kian meningkat, terutama di kota-kota besar. Berbagai model hunian ditawarkan dengan keuntungan masing-masing, mulai dari rumah tapak hingga apartemen dengan berbagai fasilitas pendukung. Salah satu tipe apartemen yang saat ini banyak digemari adalah tipe studio.

Dengan ukuran yang kecil, hanya memiliki satu kamar dan juga dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dari pada apartemen tipe lain, apartemen tipe studio sangat cocok untuk dihuni oleh para pelajar, mahasiswa atau karyawan yang belum berkeluarga. Lantas seperti apa apartemen tipe ini sebenarnya dan bagaimana cara terbaik untuk mendesainnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apartemen tipe studio merupakan apartemen dengan satu kamar dan kamar mandi. Apartemen tipe ini biasanya tidak memiliki sekat pemisah antara ruangan, kecuali kamar mandi, sehingga sangat multifungsi karena ruangan dapat difungsikan sekaligus sebagai kamar, ruang tamu bahkan dapur.

Harga apartemen tipe ini pun biasanya lebih murah dari pada apartemen tipe lain karena memiliki luas yang tidak lebih dari 20 hingga 45 meter persegi. Apartemen tipe studio ini biasanya dapat dengan mudah ditemukan di daerah yang dekat dengan kampus, perkantoran maupun transportasi umum. Apartemen tipe ini sangat cocok bagi orang yang memiliki gaya hidup praktis dan sederhana.

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, jika didesain dengan tidak tepat maka tampilan apartemen tipe studio bisa menjadi tidak menarik dan berkesan tidak nyaman untuk ditinggali. Namun meskipun ukurannya kecil, bukan berarti apartemen ini tidak nyaman untuk ditinggali. Berikut beberapa trik untuk mendesain apartemen studio agar tampl lebih stylish dan juga nyaman untuk ditinggali.

Yang pertama yakni pemilihan warna cat yang tepat. Pemilihan warna ini berguna untuk menghadirkan nuansa yang ringan dan juga terang. Sebaiknya pilih warna-warna terang seperti putih sebagai dasar untuk diaplikasikan pada dinding ruangan, dan untuk perabot, Anda dapat memilih warna coklat muda. Hindari memilih warna gelap karena dapat memberikan kesan sempit pada ruangan.

Kedua pilih model perabot dengan desain yang sederhana dan juga ringan. Hal ini dapat memberikan kesan luas dan terbuka pada ruangan. Anda juga dapat memilih material yang dapat memantulkan cahaya atau tembus pandang seperti kaca dan alumunium.

Ketiga Anda dapat menggunakan cermin untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Semakin besar cermin, semakin besar pula ilusi yang dapat diciptakan. Selain itu cermin juga dapat berfungsi sebagai pemantul cahaya sehingga ruangan menjadi lebih terang.

BACA JUGA:
Mulai Ajukan KPR Jika Sudah Miliki 7 Tanda Ini
Adanya Si Kecil Tak Jadi Alasan Biarkan Hunian Tak Rapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *