Ragam Biaya Tambahan Saat Beli Hunian

biaya

Membeli hunian, baik rumah maupun apartemen untuk pertama kali memang kadang terasa memusingkan. Ada begitu banyak hal yang perlu dipikirkan, mulai dari budget, lokasi, spesifikasi hunian, dan yang lainnya.

Saat hunian idaman sudah ditemukan, dan transaksi sudah siap diselesaikan, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yakni biaya tambahan. Berikut beberapa biaya tambahan yang harus dipersiapkan saat membeli hunian.

Biaya Perawatan

Memiliki rumah atau apartemen sendiri berarti Anda juga harus mempersiapkan biaya perawatan jika ada hal-hal yang nantinya perlu diperbaiki. Misalnya seperti perbaikan bagian yang rusak, perawatan taman, cat ulang, dan sebagainya.

Asuransi Pinjaman

Untuk memastikan Anda memiliki perlindungan terhadap properti yang Anda miliki, maka sebaiknya Anda mendaftarkan diri untuk mengikuti asuransi properti. Asuransi juga akan memberikan perlindungan jika terjadi bencana alam yang kemungkinan dapat merusak bangunan rumah yang Anda miliki.

Pajak Properti

Anda juga perlu menyiapkan dana untuk membayar pajak properti yang harus dibayar setiap tahun sekali. Pajak ini yakni Pajak Bumi dan Bangunan. Besarnya pajak tergantung luas properti yang Anda miliki.

Biaya Jual-Beli

Anda juga tidak boleh lupa untuk menyiapkan dana khusus untuk membayar biaya jual beli. Biaya ini terdiri dari BPHTB, PPN, Biaya AJB, BBN, PNBP, Biaya cek sertifikat, dan biaya notaris.

BACA JUGA:
Inspirasi Desain Atap Unik Untuk Hunian Kekinian
Tips Menata Ruang Pantry Agar Lebih Terorganisir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *