Panduan Memilih Perabot Ramah Anak

perabot-ramah-anak

Tidak sedikit orang tua yang telah menyiapkan ruang khusus untuk ditempati anak-anak, mulai dari kamar tidur, hingga ruang bermain. Seperti layaknya ruangan lain yang ada di dalam rumah maupun apartemen, ruangan tersebut pun dilengkapi dengan perabot.

Saat memilih perabot serta aksesori untuk kamar anak, faktor keamanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk menghidarkan anak-anak dari kecelakaan saat berada di dalam ruangan tersebut. Untuk meminimalkan resiko, simak panduan memilih perabot yang ramah anak berikut ini.

Bahan Yang Aman

Anak-anak selalu aktif dan penuh rasa ingin tahu. Mereka bisa berlarian ke segala arah tanpa berpikir akan terjatuh atau terantuk. Oleh karena itu perabot yang ada di dalam kamar anak sebaiknya terbuat dari bahan yang lunak. Hindari menggunakan perabot dari bahan kaca atau besi.

Tidak Tajam

Selain material yang tepat, model dan desain perabot juga harus diperhatikan. Sebaiknya hindari menggunakan perabot dengan sendi tajam. Jika sudah terlanjur terdapat sudut tajam, maka Anda dapat melapisi setiap sudut tajam yang ada pada perabot dengan bantalan yang lunak.

Ringan

Saat sedang bermain atau beraktivitas di dalam ruangan, apa saja bisa terjadi. Untuk ornamen dekorasi pada kamar anak, pilih pajangan, atau dekorasi yang terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah serta ringan.

Stopper

Jika terdapat laci atau pintu yang dapat dengan mudah di buka atau tutup oleh anak-anak, maka jangan lupa untuk menambahkan stopper. Stopper dapat menghindarkan anak dari bahaya terjepit dan mencegah anak untuk dapat menarik laci hingga keluar.

BACA JUGA:
Mendesain Hunian Mungil Yang Fungsional & Estetis
Tips Memilih Model & Motif Gorden Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *