Pahami Tipe Unit Apartemen Sebelum Membeli!

Ilustrasi Interior apartemen1

Berencana beli apartemen atau sewa apartemen? Alangkah baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu beberapa tipe unit apartemen sebelum memutuskan membeli atau sewa apartemen. Hal ini penting untuk dilakukan guna menyesuaikan kebutuhan dan budget yang Anda miliki, karena masing-masing tipe memiliki perbedaan tatanan ruang dan juga harga.

Berikut beberapa tipe unit apartemen yang banyak ditemui dan dipasarkan oleh pihak property. Dalam satu kawasan gedung apartemen, biasanya terbagi menjadi beberapa tipe unit, mulai dari studio, apartemen dengan jumlah kamar, serta penthouse. Selain tiga tipe tersebut ada pula tipe loft. Untuk mengetahui perbedaan masing-masing tipe unit apartemen tersebut, simak penjelasannya berikut ini.

Studio

Unit apartemen bertipe studio memiliki bentuk satu ruangan tanpa sekat. Semua ruang mulai dari ruang tamu, kamar, dapur dan tempat makan berada di satu ruang terbuka. Satu-satunya ruangan yang diberi sekat permanen hanyalah kamar mandi. Ukuran apartemen ini juga tergolong kecil. Unit apartemen tipe studio biasanya ditempati oleh kaum urban atau pasangan muda yang masih belum memiliki anak. Meskipun tergolong kecil, namun jika dilakukan penataan yang pas, apartemen tipe studio ini akan terasa nyaman untuk ditempati.

Apartemen dengan Jumlah Kamar

Dalam brosur pemasaran apartemen yang dibuat oleh pengembang, biasanya Anda akan melihat adanya unit apartemen tipe 1,2 atau 3 kamar. Unit apartemen tipe yang satu ini pembagian ruangnya lebih seperti rumah pada umumnya, dengan kamar tidur bersekat permanen atau terpisah. Sedangkan untuk ruangan yang lain, seperti dapur, ruang tamu dan ruang makan, dapat terpisah maupun menjadi satu ruang terbuka, tergantung penataan interior apartemen. Untuk luas tergolong beragam karena tergantung pada jumlah kamar. Unit apartemen tipe kamar ini cocok untuk ditinggali oleh keluarga kecil di perkotaan.

Penthouse

Unit apartemen tipe pethouse biasanya terletak di lantai paling atas dari gedung apartemen. Hal ini dikarenakan tingginya privasi yang diberikan kepada pemilik penthouse. Terkadang disediakan lift khusus bagi penghuni penthouse demi kenyamanan dan privasinya. Penthouse merupakan tipe unit apartemen yang paling mewah. Luasnya juga relatif lebih besar dari tipe unit apartemen yang lain sehingga sering dijumpai dalam satu lantai hanya ada satu atau dua unit penthouse. Untuk harga, pastinya tipe penthouse adalah yang paling mahal.

Loft

Unit apartemen tipe loft biasanya merupakan hasil renovasi dari bangunan gudang atau pabrik. Bekas bangunan gudang atau pabrik ini disekat dan dibuat menjadi beberapa unit tempat tinggal. Karena bangunan gudang atau pabrik biasanya relatif tinggi, sehingga satu unit loft biasanya terdiri dari dua lantai.

Dengan memahami tipe-tipe unit apartemen di atas, maka Anda akan lebih mudah menentukan tipe unit apartemen apa yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *