Lakukan Cara Ini Agar Cicilan KPR Berjalan Lancar

uang

Untuk dapat membeli rumah sendiri, ada dua cara yang sering ditempuh yakni dengan membayar secara tunai dan mencicil tiap bulan melalui bank atau mengikuti program KPR. Dengan harga rumah yang relatif besar jika dibandingkan dengan rata-rata penghasilan masyarakat Indonesia, jadi KPR lebih banyak dipilih untuk membeli rumah.

Dengan tenggang waktu yang cukup lama, yakni 10 hingga 20 tahun maka dibutuhkan komitmen yang sangat tinggi agar cicilan dapat rampung terbayar secara penuh. Jika tidak maka rumah yang sudah dicicil dalam beberapa tahun dapat melayang dengan mudah saat Anda gagal melanjutkan pembayaran.

Agar KPR yang Anda jalani dapat berjalan dengan lancar, simak beberapa tips berikut ini.

Pangkas Pengeluaran Tak Penting

Musuh terbesar dalam menjalankan KPR adalah sikap konsumtif. Oleh karena itu mampu melawan keinginan untuk berbelanja dan berfoya-foya menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Anda dapat mengalokasikan penghasilan pada beberapa pos terpenting, yakni 50-60% untuk biaya hidup, 20% untuk tabungan dan investasi, 10% untuk dana darurat dan 30% untuk cicilan.

Kelola Pendapatan Secara Maksimal

Agar dana yang sudah dialokasikan dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan secara maksimal, maka buatlah anggaran setiap bulan dan jadikan pembayaran KPR sebagai prioritas. Sangat penting untuk dapat menahan diri agar tidak mengeluarkan dana yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda memperoleh penghasilan lebih, pisahkan dan gunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan. Dana sisa yang muncul setelah semua pos sudah terisi dapat Anda masukkan ke dalam dana untuk keperluan mendadak seperti biaya berobat dan yang lainnya.

Tingkatkan Kemampuan

Saat mendapatkan kenaikan gaji, memperoleh tunjangan atau bonus, Anda dapat menaikkan angka cicilan. Selain itu Anda juga dapat membuka kran pendapatan baru baik secara aktif seperti dengan berbisnis atau secara pasif dengan investasi atau saham sehingga pendapatan pun dapat meningkat. Dengan tenor KPR yang mencapai 10 hingga 20 tahun, dibutuhkan usaha lebih agar KPR dapat terselesaikan dengan baik.

BACA JUGA:
Tips Nyaman Huni Rumah Di Dekat Jalan Raya
Jangan Beli Hunian Seken Jika Temukan Tanda Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *