Tips Kelola Dapur Apartemen yang Mungil

Ilustrasi dapur sempit

Kini ada banyak pilihan bagi masyarakat untuk menempati hunian, baik rumah maupun apartemen. Bagi sebagian masyarakat yang hidup di daerah perkotaan yang padat, memiliki hunian yang berukuran luas sudah sangat sulit diperoleh. Pada akhirnya hal ini membuat masyarakat urban menjatuhkan pilihan untuk tinggal di apartemen, baik beli maupun sewa apartemen.

Seperti yang sudah diketahui, apartemen pun juga tidak memiliki ukuran yang besar, sehingga seringnya ruangan-ruangan di dalamnya pun memiliki ukuran yang terbatas, tidak terkecuali dapur. Jika Anda memiliki dapur apartemen mungil, tak perlu khawatir. Dapur mungil pun dapat digunakan secara maksimal tanpa mengesampingkan kesan estetika jika ditata atau dikelola dengan baik.

Berikut beberapa tips dalam mengelola dan memilih perabot untuk dapur dengan ukuran yang terbatas.

Pilih Furniture Multifungsi

Biasanya dapur memerlukan banyak tempat penyimpanan untuk mengamankan perabot-perabot yang diperlukan untuk memasak. Pilih beberapa furniture yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan, seperti meja counter yang dibangun dengan rak tertutup di bawahnya. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga dapur tampak rapi dan bersih.

Penyusunan Vertikal

Pilih beberapa furniture untuk tempat penyimpanan dengan ukuran yang tinggi, bukan melebar. Atau jika tidak terlalu tinggi pun, pilih furniture yang dapat disusun secara vertikal. Dengan memilih furniture jenis tersebut, dapur tidak akan terasa semakin sempit. Selain itu Anda juga akan dapat menyimpan perabot dengan aman.

Berdayakan Dinding

Anda dapat mengantung beberapa jenis perabot dapur di dinding jika tempat penyimpanan dirasa sudah penuh. Pilih beberapa perabot atau perlengkapan dapur dengan ukuran yang tidak terlalu besar, seperti bermacam bentuk spatula, talenan atau mug-mug dengan bentuk yang lucu. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, menggantung perlengkapan dapur seperti ini juga dapat menjadi dekorasi bagi dapur mungil Anda.

Berpikir Praktis

Ada beberapa alat memasak yang sebenarnya dapat digunakan untuk beberapa hal. Misalnya, untuk menghaluskan bahan makanan atau bumbu, Anda dapat menggunakan blender dari pada menggunakan alat penggiling manual. Blender lebih praktis karena selain dapat menghaluskan, alat ini juga dapat digunakan untuk keperluan memasak yang lain, mulai dari membuat jus, memarut kelapa, menggiling daging, dan yang lainnya. Dengan demikian Anda dapat menghemat tempat penyimpanan karena tidak memerlukan perabot yang lainnya. Praktis bukan?

The More is Less

Gunakan prinsip tersebut jika Anda memiliki dapur dengan ukuran kecil. Meskipun ada banyak jenis perabot yang dijual di pasaran, namun tanyakan pada diri Anda apakah semua itu perlu ada di dapur Anda? Tidak bukan?. Oleh karena itu Anda tidak perlu menyimpan begitu banyak jenis panci, pisau atau perlengkapan dapur lain yang sebenarnya tidak terlalu sering digunakan. Pilih satu atau dua pisau yang dapat digunakan untuk melakukan banyak hal, mulai dari memotong buah, sayuran hingga daging. Pilih juga beberapa panci atau penggorengan yang bisa digunakan untuk beberapa hal, mulai dari menggoreng, menumis, merebus dan yang lainnya.

Dengan beberapa tips di atas, dapur mungil Anda akan dapat dikelola dengan baik, terjaga kebersihan dan kerapiannya, serta dapat berfungsi secara maksimal.

BACA JUGA:
Tips Memilih Apartemen yang Tepat
Tips Pintar Sewakan Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *