Tips Ubah Balkon Apartemen Jadi Tempat Relaksasi

taman-vertikal

Tinggal di sebuah apartemen saat ini lebih banyak dipilih karena dianggap lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan tinggal di rumah tapak. Namun berbeda dengan rumah tapak yang biasa dilengkapi dengan taman yang menarik, apartemen tidak memiliki hal tersebut.

Jika Anda tinggal di sebuah apartemen dan ingin memiliki taman mungil sebagai salah satu tempat untuk bersantai dan melepas stres usai bekerja seharian, Anda dapat memanfaatkan area balkon yang ada. Meskipun luas balkon apartemen biasanya tidak terlalu besar, dengan trik yang tepat, sebuah taman mungil dapat tercipta dengan apik.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan perhatikan saat berencana mengubah area balkon apartemen menjadi area relaksasi.

Cek Beban Maksimal

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pot berukuran besar yang cenderung berat, sebaiknya Anda memastikan kapasitas balkon dalam hal kemampuan menahan berat. Hal ini untuk memastikan keamanan diri dan keluarga saat berada di area balkon. Jika dirasa mampu, maka Anda dapat melanjutkan untuk mengubah area balkon tersebut menjadi sebuah area relaksasi.

Taman Vertikal

Mengingat luas balkon yang tidak terlalu besar, membuat taman vertikal dapat menjadi pemecah masalah agar tercipta ruang terbuka hijau mungil di apartemen Anda. Untuk membuat taman vertikal ini, Anda dapat menggunakan karpet kain atau rock wool sebagai media tanam pengganti tanah. Dengan ketebalan mencapai 7 cm, media tanam ini mampu menyerap air dengan baik sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan hijau.

Peralatan Berkebun Sebagai Dekorasi

Dari pada menyimpan peralatan berkebun dengan hanya menumpuknya di kotak penyimpanan, Anda dapat menggunakan peralatan berkebun tersebut sebagai salah satu item dekoratif di area balkon. Dengan menggunakan papan yang sudah dipasang hook, Anda dapat menata peralatan berkebun tersebut. Selain dapat menjadi ornamen dekoratif, dengan cara ini Anda juga dapat lebih mudah saat mengambil dan mengembalikannya setelah digunakan.

Penggunaan Rumput Sintetis

Agar area relaksasi lebih terasa hijau dan menyegarkan, Anda dapat menambahkan aksen rumput di bagian lantai. Menanam rumput yang asli di balkon tentu memang tidak mudah, oleh karena itu Anda dapat menggunakan rumput sintetis sebagai alternatif. Dengan demikian kesan taman pun lebih terasa dengan kehadiran rumput sintetis tersebut.

Bibit Tanaman

Di area relaksasi tersebut Anda pun dapat menciptakan kebun kecil dengan menanam beberapa tanaman dan sayur atau buah di pot-pot berukuran kecil hingga sedang. Anda dapat menanam sayuran atau buah kesukaan. Saat memilih jenis tanaman baik hias, buah atau sayuran, perhatikan ukuran pot dan tanaman agar sesuai dengan ukuran balkon yang ada di apartemen Anda.

Letakkan Meja dan Kursi Santai

Untuk menikmati semua itu jangan lupa letakkan meja dan kursi yang dapat Anda gunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati kopi atau teh hangat dan juga membaca buku. Jika memungkinkan, Anda dapat meletakkan beberapa bantal kecil dengan motif menarik agar area relaksasi tampak lebih hidup dan ceria.

BACA JUGA:
Tips Pasang Shower Untuk Kamar Mandi
Tips Mudah Perawatan Lantai Kayu Parket Agar Tetap Awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *