Memahami Lebih Dalam Berbagai Tipe Apartemen

desain apartemen

Apartemen kini menjadi pilihan kaum urban sebagai tempat tinggal karena dianggap memiliki banyak kemudahan dan juga kepraktisan. Dari jenis dan ukurannya, apartemen dibedakan menjadi beberapa tipe. Jika Anda berencana untuk membeli sebuah unit apartemen, maka ada baiknya untuk memahami beberapa tipe apartemen yang biasa ditawarkan oleh pihak developer.

Selama ini Anda mungkin sudah mengenal empat tipe apartemen, yakni loft, studio, 1 dan 2 bedroom. Saat ini terdapat beberapa tipe apartemen lain yang juga ditawarkan oleh pihak developer kepada calon konsumen. Simak penjelasannya berikut ini.

Aclove

Apartemen tipe aclove ini memiliki luas yang hampir sama dengan apartemen tipe studio, yakni sekitar 19 meter persegi. Yang membedakan adalah bentuk dari tipe apartemen ini. Aclove memiliki bentuk menyerupai huruf L dan biasanya letak kamar tidur berada di bagian yang kecil dari ruangan tersebut.

Convertible

Apartemen tipe convertible merupakan apartemen dengan desain interior yang sudah disesuaikan dengan menggabungkan kamar dan ruang tengah. Sebagai pembatas terdapat dinding yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Di tengah dinding biasanya diletakkan sebuah televisi yang dapat diputar untuk menghadap kamar atau ruang tengah.

Junior 1 Bedroom

Apartemen tipe ini sebenarnya mirip dengan apartemen tipe studio. Hanya saja memiliki luas yang sedikit lebih besar sehingga memungkinkan untuk terdapat sekat antara kamar tidur dan juga ruang dapur.

Junior 4

Apartemen tipe junior 4 adalah sebuah unit apartemen yang memiliki empat ruang utama yakni ruang tengah, dapur, kamar tidur dan sebuah ruangan kecil yang biasa difungsikan sebagai ruang kerja.

Duplex dan Triplex

Apartemen tipe duplex dan triplex adalah apartemen yang memiliki lebih dari satu lantai, yakni dua dan tiga. Biasanya lantai dua maupun tiga di apartemen tipe ini difungsikan sebagai tempat tidur saja. Sedangkan ruangan lain ada di lantai satu.

Classic Six

Apartemen tipe ini merupakan apartemen dengan bangunan gedung yang memiliki usia yang sudah cukup tua namun masih sangat kokoh. Apartemen ini memiliki tiga kamar tidur, ruangan yang luas serta dapur yang cukup besar. Apartemen ini banyak di temukan di Eropa dan Amerika di beberapa wilayah yang populer seperti New York, tepatnya di Upper East Side.

Garden Apartemen

Istilah garden apartemen ini biasanya diperuntukkan pada unit apartemen yang menghadap ke taman dan juga apartemen yang letaknya berada di basement sehingga jendelanya lebih rendah dari area pekarangan.

BACA JUGA:
Aturan Feng Shui Untuk Kamar Mandi Terbaik
Agar Tak Lakukan Kesalahan Dalam Investasi Properti, Ikuti Langkah Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *