Mengenal Tiga Zona Dapur Modern

zona dapur

Pada rumah-rumah tradisional, dapur banyak diletakkan di area paling belakang. Hal ini karena dapur dianggap sebagai area paling kotor dan berantakan. Namun pada rumah bergaya modern dan juga apartemen, lokasi dapur justru banyak diletakkan berdekatan dengan ruang keluarga atau ruang tengah.

Dengan mengaplikasikan desain dapur modern, terdapat beberapa zona yang membagi area dapur berdasarkan fungsinya, sehingga dapur dapat selalu tampak bersih dan juga sedap di pandang seperti yang ada di ulasan berikut ini.

Preparation and Clean Zone

Area ini merupakan area pertama dimana Anda biasa menyiapkan dan membersihkan sebelum kegiatan memasak dimulai. Beberapa peratalan dapur yang biasa ditemukan di area ini adalah mesin cuci piring, kran, rak piring, dan juga lemari es.

Jika Anda memiliki hunian yang cukup luas dan memungkinkan untuk membuat area dapur yang besar, maka desain terbaik untuk membuat dapur bergaya kitchen island. Dengan demikian Anda dapat lebih leluasa untuk melakukan persiapan sebelum memulai kegiatan memasak.

Mixing Zone

Usai persiapan selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah meracik bahan. Kegiatan ini dilakukan di zona mixing, dimana Anda dapat mengupas, memotong, dan mencampur bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Di area ini terdapat beberapa peralatan dapur yang biasa ditemui seperti talenan, mangkuk, pisau, cobek dan yang lainnya.

Cooking Zone

Seperti namanya, area ini merupakan tempat dimana Anda memasak makanan yang tadi sudah disiapkan dan diracik. Area cooking zone dilengkapi dengan kompor, oven, serta tempat untuk meletakkan makanan yang sudah matang. Teradapat beberapa perabot lain yang juga ada di area ini seperti kabinet untuk menyimpan bumbu, panci, wajan, dan spatula.

BACA JUGA:
Tips Mudah Redam Suara Bising Di Hunian
Tips Berbagi Tempat Tinggal Untuk Penyewa Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *