Kondisi Kamar Tidur Yang Buruk Bisa Jadi Pemicu Insomnia

tidur

Di dalam sebuah rumah maupun apartemen, kamar tidur adalah tempat yang digunakan untuk beristirahat dengan tenang setelah seharian beraktivitas. Namun tidak semua kamar tidur justru memberikan ketenangan yang Anda butuhkan, dan bahkan dapat menjadi pemicu insomnia, terutama jika desain kamar kurang memadai.

Berikut beberapa kondisi kamar tidur yang buruk yang harus Anda hindari agar tidak terserang insomnia.

Kamar Tidur Dengan Satu Lampu

Setiap ruangan yang ada di dalam hunian tentu memiliki lampu sebagai sumber penerangan, terutama di malam hari. Jika ruangan lain mungkin hanya membutuhkan satu lampu saja sudah cukup, namun untuk tempat tidur sebaiknya Anda menediakan dua lampu.

Pasang satu lampu neon dan satu lampu redup. Lampu neon dapat Anda nyalakan saat Anda membutuhkan penerangan maksimal, seperti saat berbenah ruangan atau membereskan lemari. Sedangkan lampu redup dapat Anda nyalakan saat Anda akan beristirahat.

Beristirahat dengan penerangan yang kuat akan membuat otak dan mata tetap aktif seperti saat Anda sedang terjaga. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas tidur Anda.

Kamar Terlalu Penuh

Sebagai tempat untuk beristirahat, sudah selayaknya kamar tidur memiliki suasana yang bersih dan juga menenangkan. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk sebuah kamar tidur memiliki terlalu banyak barang. Misalnya buku, meja kerja, tumpukan tas hingga lemari yang tampak penuh.

Menumpuk terlalu banyak barang di dalam kamar juga dapat mengundang nyamuk untuk datang. Sebaiknya pisahkan meja kerja di ruangan lain dan simpan barang-barang yang ada di dalam lemari tertutup agar tidak nampak menumpuk di dalam kamar.

Terlalu Berisik

Jika hunian Anda berada di sisi jalan raya yang ramai, tidak disarankan untuk memposisikan kamar tidur di bagian depan bangunan. Pasalnya waktu istirahat Anda akan terganggu dengan adanya suara kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya.

Namun jika kamar Anda terpaksa berada di area depan bangunan, maka salah satu solusinya adalah dengan memasang ornamen yang dapat meredam suara dari luar. Seperti melapisi lantai kamar dengan karpet, atau mengganti pintu kamar dengan menggunakan material berbahan solid.

BACA JUGA:
Trik Sukses Bangun Rumah Tumbuh
Siasati Perbedaan Pendapat Dengan Pasangan Saat Beli Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *